Jika rumah sakit dalam pengelolaan administrasinya masih manual maka tidak heran akan menimbulkan berbagai masalah seperti antrian panjang yang tidak terkontrol, juga bila rekam medis yang masih berbasis paper akan mengalami masalah seperti hilangnya dokumen atau duplikasi data yang akan menyulitkan baik bagi pihak rumah sakit maupun pasiennya dan tentunya akan lama mendapatkan informasi yang berbasis paper tersebut. Banyak rumah sakit yang menggunakan administrasi konvensional akan merasa kehilangan kesempatan untuk memperoleh keuntungan karena lemahnya koordinasi antar satuan unit dan kurangnya dukungan dari pengelolaan informasi yang cepat, tepat, dan akurat.

Latar Belakang Kick Off SIMRS Wiliam Booth Semarang

SIMARS Innova eHospital hadir sebagai solusi yang ditawarkan Inovamedika untuk penerapan teknologi informasi bidang kesehatan dengan target mengelola dan menyajikan informasi dengan baik untuk mendukung kegiatan rumah sakit. Sistem ini bertujuan untuk mengintegrasikan seluruh alur proses bisnis layanan kesehatan rumah sakit dalam suatu jaringan koordinasi sejak pelaporan, proses administrasi, hingga penyediaan informasi secara cepat, tepat, dan based on real-time.

Sebagai institusi pelayanan umum, rumah sakit membutuhkan keberadaan suatu sistem informasi yang akurat dan andal agar meningkatkan pelayanan kepada pasien-pasiennya. PT Inova Medika Solusindo adalah perusahaan Konsultan Teknologi Informasi Kesehatan yang telah menjadi mitra Yayasan Pelayanan Kesehatan Bala Keselamatan (YPKBK) dalam menyediakan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS).

Berdasarkan perjanjian kontrak yang sudah ditandatangani antara PT. Inova Medika Solusindo dan YPKBK, maka keenam rumah sakit dari YPKBK ini akan menuju Smart Hospital. Satu diantaranya yaitu Rumah Sakit William Booth yang telah menjadi Pilot Project-nya. Rumah Sakit Umum William Booth Semarang ini adalah rumah sakit kedua yang akan dilaksanakannya implementasi SIMARS Innova eHospital. Kemudian dilanjutkan dengan empat rumah sakit lainnya yaitu Rumah Sakit Bala Keselamatan Bokor di Turen, Rumah Sakit Woodward di Palu, Rumah Sakit Umum Bungsu di Bandung, dan terakhir adalah RSIA Catherine Both di Makassar.

Tepatnya pada tanggal 18 April 2022, PT Inova Medika Solusindo mengadakan kegiatan project kick-off dengan RSU William Booth Semarang. Kegiatan project kick-off diselenggarakan di Auditorium RSU William Booth Semarang, dihadiri oleh Direktur RSU William Booth Semarang, Drg. Erwita Dinarsari, MARS beserta Jajarannya. Opsir Pengurus Yayasan Bala Keselamatan, Mayor Sri Widajati Goni. Kemudian dari Inovamedika diantaranya Direktur PT Inova Medika Solusindo, Prando Wandi Situngkir, S.Kom, MMRS dan The Implementor Squad Inovamedika. Setelah dibuka dengan kata sambutan dari Direktur RSU William Booth Semarang dan Direktur PT. Inova Medika Solusindo, kegiatan dilanjutkan dengan paparan scope dan ruang lingkup pekerjaan pengadaan SIMRS oleh tim Inovamedika, lalu ditutup dengan agenda ceremonial yaitu penandatanganan kontrak kerja sama dan komitmen bersama antara RSU William Booth Semarang dengan PT. Inova Medika Solusindo.

Pembahasan Implementasi Modul SIMRS

Ruang lingkup kerja yang akan dilaksanakan adalah implementasi SIMARS Innova eHospital terdiri atas 40 modul yaitu 25 modul untuk front office diantaranya antrian, e-Kios, pendaftaran dan penjadwalan, bridging BPJS, rawat jalan, rawat inap, rawat darurat dan lain sebagainya, juga 15 untuk modul back office diantaranya kepegawaian, keuangan, akuntansi, dan lain-lain. Tidak hanya itu, saat project kick off, RSU William Booth Semarang dan Inovamedika banyak berdiskusi hal-hal yang berkaitan dengan implementasi SIMRS, salah satunya tentang pembayaran BPJS dan pembayaran umum. SIMARS Innova eHospital dengan keunggulannya sudah bridging BPJS, tentunya ini akan memudahkan bagi pengguna sistem dan pasien dalam menerima layanan. Kemudian, keunggulan lainnya juga aplikasi ini sudah bisa akses ke dukcapil, karena Inovamedika memiliki alat ABAKA, semacam KTP Reader, sehingga nantinya user tidak perlu memasukkan data pasien secara manual. Cukup menggunakan ABAKA maka data dari KTP secara otomatis terbaca dan tercatat dalam sistem.

Dalam implementasi SIMARS Innova eHospital di RSU William Booth Semarang, Inovamedika memberikan layanan pendampingan selama tiga tahun dengan menempatkan System Support di rumah sakit secara langsung guna mendukung pemanfaatan aplikasi SIMRS berjalan dengan maksimal. Juga memberikan proses pelatihan yang diberikan mulai dari operator, staff IT User, administrasi, dokter, perawat, manajemen kepala unit/bagian/instalasi, hingga direksi. Inovamedika juga akan melakukan alih pengetahuan kepada pihak IT RS, sehingga nantinya para IT mahir mengembangkan aplikasi SIMARS Innova eHospital secara mandiri. Lama Inovamedika bekerja dengan RSU William Booth Semarang adalah terhitung dari dilaksanakannya project kick off yakni 18 April 2022 hingga 17 April 2025.

Direktur RSU William Booth Semarang dalam kata sambutannya saat project kick off juga menceritakan bahwa RSU William Booth Semarang sebelumnya sudah melaksanakan implementasi SIMRS sampai dua kali, namun tidak dapat berjalan. Meskipun yang terakhir dapat berjalan tetapi hanya bagian/unit front office sedangkan untuk back office belum dapat berjalan. Maka dari itu, harapannya adalah SIMARS Innova eHospital dapat menjadi implementasi SIMRS terakhir untuk RSU William Booth Semarang yang dapat memenuhi kebutuhan Rumah Sakit dari mulai pelayanan (front office) sampai ke bagian administratif (back office).

Kesimpulan

Masih banyak rumah sakit di beberapa daerah yang masih memakai manajemen rekam medis paper yang sudah terbukti tidak efisien dan menjadi cost pengeluaran yang tidak sedikit bagi rumah sakit. Hadirnya SIMRS inova medika adalah sebagai jembatan digitalisasi untuk sistem informasi rumah sakit yang sangat paham terhadap berbagai masalah di faskes rumah sakit sehingga klien mendapat kepuasan saat melakukan konsultasi solving problem. Mau akses demo aplikasi inova medika secara gratis? silahkan komen di bawah.