Sebelumnya sudah mulai dilakukannya implementasi SIMARS Innova eHospital di Rumah Sakit William Booth Surabaya, Jawa Timur yang sebagai Pilot Project, kemudian Rumah Sakit Umum William Booth Semarang, Jawa Tengah, lalu yang ketiga Rumah Sakit Bala Keselamatan “Bokor” Turen, Jawa Timur. Inovamedika juga mengadakan kegiatan project kick-off secara langsung di Rumah Sakit Woodward Palu, Sulawesi Tengah sebagai diskusi awal terkait implementasi SIMARS Innova eHospital.
woodward dan inovamedika

Pembahasan Modul SIMARS Innova eHospital

Kegiatan diskusi ini dimulai dengan pemaparan Project Management Plan (PMP) SIMARS Innova eHospital yaitu bahasan ruang lingkup implementasi yang terdiri atas 41 modul untuk modul front office dan back office diantaranya (1) Pendaftaran & Penjadwalan, (2) Rawat Jalan, (3) Rawat Inap, (4) Rawat Darurat, (5) Persalinan, (6) Laboratorium, (7) Radiologi, (8) Farmasi/Apotek, (9) Asuhan Keperawatan, (10) Bedah Sentral, (11) Hemodialisis, (12) Rekam Medis Elektronik, (13) Antrian, (14) Gizi, (15) Laundry, (16) e-Kios (Anjungan Mandiri), (17) Medical Check-Up, (18) Pemulasaran Jenazah, (19) Gudang Farmasi, (20) Interfacing Lab, (21) PACS (viewer), (22) Informasi, (23) Billing Kasir, (24) Asuransi Penjamin, (25) Bridging BPJS, (26) Akuntansi, (27) Keuangan, (28) Kepegawaian, (29) Penggajian, (30) Mobile Dokter, (31) Mobile Pasien, (32) SIE (Sistem Informasi Eksekutif), (33) Gudang Umum, (34) Pengadaan, (35) SMS Gateway, (36) Manajemen Asset, (37) Sys Admin, (38) Anggaran, (39) Dashboard RS, (40) PPI (Pencegahan dan Pengendalian Infeksi), (41) PMKP (Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien). Selanjutnya, dilanjutkan dengan penandatanganan dokumen-dokumen pendukung seperti dokumen kerja sama, dokumen perjanjian lisensi, dan dokumen perjanjian kerahasiaan. Jadwal pelaksanaan implementasi SIMARS Innova eHospital di Rumah Sakit Woodward Palu adalah dimulai dari tanggal 19 Mei 2022 sampai 18 Mei 2025.

Latar Belakang Kick Off SIMRS Woodward Palu

Project kick-off di Rumah Sakit Woodward Palu ini dihadiri oleh Direktur RS Woodward Palu, dr. Hendrik Tahir DHSM, M.Si beserta Jajarannya, kemudian hadir juga Ibu Pimpinan Yayasan Pelayanan Kesehatan Bala Keselamatan (YPKBK), Mayor Melty Karaginta Adilang, dan dari Inovamedika diantaranya Direktur PT Inova Medika Solusindo, Prando Wandi Situngkir, S.Kom, MMRS yang ikut bergabung melalui aplikasi Zoom, Project Manager Wawan Kusmawan, Business Development Manager, Lasri Sianturi, S.E dan The Implementor Squad Inovamedika.

Rumah sakit menjadi institusi pelayanan kesehatan yang kompleks. Kompleksitas ini muncul sebab pelayanan dalam rumah sakit menyangkut berbagai fungsi pelayanan, pendidikan, dan penelitian, serta mencakup berbagai tindakan. Rumah sakit yang memiliki sistem manajemen yang baik maka standar pelayananannya pun akan baik. Dewasa ini, memiliki sistem manajemen informasi menjadi indikator dan sebagai standar manajemen rumah sakit yang baik.

Manfaat Sistem Informasi Rumah Sakit Innova eHospital

Rumah Sakit Woodward Palu dan Inovamedika sama-sama menginginkan bahwa SIMARS Innova eHospital dapat menjadi solusi terbaik yang bisa memberikan manfaat bagi pasien. Banyak manfaat yang nyatanya dapat diperoleh dari penggunaan SIMARS Innova eHospital yaitu :

Manfaat SIMARS Dari Sisi Pelayanan

pertama manfaat dari sisi pelayanan, dapat menghemat biaya dengan paperless system, rekam medis elektronik yang Inovamedika miliki juga sudah terintegrasi dan dijamin kerahasiannya. Selain itu memberikan kemudahan bagi pasien untuk mengetahui ketersediaan kamar rawat inap, memberikan kemudahan bagi pasien untuk mengontrol biaya secara realtime dan masyarakat luas dapat mengakses informasi secara mudah melalui SMS, WhatsApp, dan media informasi lainnya.

Manfaat SIMARS Dari sisi Kepegawaian

Kemudian manfaat dari sisi kepegawaian, memberikan kemudahan bagi pegawai dan dokter untuk memeriksa status antrian, dan status intensif pasien. Memberikan standar praktek kedokteran yang baik dan benar dan menerapkan prosedur dan kebijakan yang konsisten sehingga memudahkan penilaian dan evaluasi pegawai sehingga meningkatkan profesionalisme dan kinerja pegawai. Lalu, manfaat dari sisi manajemen, kecepatan dalam pengambilan keputusan, akurasi dalam mengidentifikasi masalah, kemudahan menyusun strategi, terkontrolnya seluruh aktivitas organisasi secara real time, tersedianya pelaporan yang menyediakan laporan secara global dan sampai rinci, dan kemudahan akses terhadap informasi dari gadget yang ada.

Manfaat SIMARS Dari Sisi Keuangan

Selain itu, SIMARS Innova eHospital memberikan manfaat dari sisi keuangan, akan dimudahkan dalam perhitungan jasa dokter, dokumentasi yang auditable dan accountable dan memudahkan dalam proses pembukuan dan posting. Kemampuan audit atas setiap transaksi keuangan tersebut membuat bagian akunting cukup sebagai verifikator, otorisasi posting, dan auditor. dan manfaat selanjutnya dari sisi logistik dan inventory, rumah sakit akan dibantu untuk meminimalisir kekurangan persediaan obat dan alkes dengan adanya warning minimal stock obat dan alkes dan meminimalisir stock yang berlebih. Selain itu, sistem gudang dapat melakukan distribusi ke depo atau unit dan proses pengadaan terintegrasi dari setiap bagian yang dipusatkan di logistik.

Kesimpulan

Tidak hanya itu, sistem informasi manajemen rumah sakit yang unggul adalah yang sudah bridging dengan BPJS, begitu juga SIMARS Innova eHospital yang sudah terintegrasi dengan pelayanan bridging system BPJS V-Claim 2.0. Ini adalah keunggulan yang bisa memberikan manfaat bagi Rumah Sakit Woodward Palu dalam memberikan pelayanan bagi pasiennya yang banyak menggunakan pembayaran BPJS. Antrean panjang di rumah sakit menjadi permasalahan dalam pelayanan kesehatan di Indonesia. Meningkatnya jumlah pasien yang tidak terduga dapat mengakibatkan antrean panjang pada proses pendaftaran maupun pemeriksaan yang akhirnya menyebabkan ketidakefektifan waktu yang digunakan untuk pelayanan pengobatan pasien. Inovamedika akan mendukung pelayanan rumah sakit dengan inovasi sehingga antrean bisa dilakukan secara online karena bisa diakses oleh peserta JKN-KIS melalui aplikasi Mobile JKN, sehingga proses pendaftaran menjadi lebih praktis, mudah diakses, dan tidak perlu menunggu waktu yang lama. Inovamedika berharap dengan bridging antrean online dalam pengelolaan informasi dan data-data pasien berjalan lancar, efektif, dan efisien sehingga memberikan kemudahan dalam perekaman data bagi pengguna sistem dan kepuasan para pasien rumah sakit.