fungsi dan regulasi simrs
Seiring perkembangan teknologi tentu banyak merubah kebiasaan dan kali ini kita akan membahas tentang perubahaan di bidang fasilitas kesehatan terutama dari sistem yang mengatur operasional rumah sakit dengan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit atau yang biasa di kenal sebagai SIMRS.

Apa Itu SIMRS?

Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) adalah suatu sistem yang digunakan untuk mengelola dan mengatur data serta informasi yang berkaitan dengan operasional rumah sakit. Dalam pengaplikasiannya di Indonesia, SIMRS diatur oleh beberapa regulasi agar dapat berfungsi dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Dan sayangnya program dari regulasi yang ada ini belum merata 100% di Indonesia, olehkarena itu inovamedika turut serta dalam perluasan literasi terkait SIMRS melalui artikel ini.

Dan secara garis besarnya Kami akan membahas dari 2 hal yaitu fungsi dari SIMRS itu sendiri dan regulasi dari pemerintah yang ingin penerapan ini harus rampung sebelum akhir tahun 2023.

Baca Juga: 10 Manfaat SIMRS

Fungsi SIMRS Bagi Fasilitas Kesehatan Di Indonesia

SIMRS memiliki banyak sekali manfaat terutama untuk efisiensi waktu kerja, otomatisasi laporan atau rekap data hingga kehematan biaya operasional jika di terapkan pada tiap fasilitas kesehatan yang ada di rumah sakit. Lalu apa saja fungsi SIMRS di Indonesia?

1. Manajemen Data

SIMRS digunakan untuk mengelola dan menyimpan data pasien, baik data pribadi maupun medis, termasuk riwayat penyakit, hasil pemeriksaan laboratorium, dan lain-lain. Hal ini memungkinkan petugas medis dan administrasi rumah sakit untuk dengan mudah mengakses data pasien yang dibutuhkan.

2. Perencanaan Keuangan

Dengan SIMRS, rumah sakit dapat melakukan perencanaan keuangan yang lebih baik dan efisien, karena sistem ini dapat membantu mengelola dan memantau pengeluaran rumah sakit secara terperinci. Dengan demikian, rumah sakit dapat mengambil keputusan yang lebih tepat dalam pengelolaan keuangan.

3. Pelayanan Kesehatan yang Lebih Baik

SIMRS membantu rumah sakit dalam memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada pasien. Sistem ini memungkinkan petugas medis untuk dengan mudah mengakses data pasien yang diperlukan, termasuk riwayat kesehatan, alergi, dan resep obat sebelumnya. Dengan demikian, pasien dapat diberikan pelayanan yang lebih tepat dan efektif.

Rangkuman 3 fungsi SIMRS di atas adalah yang paling memiliki dampak langsung ke operasional kegiatan di rumah sakit olehkarena itu pemerintah akhirnya membuat aturan agar penerapan SIMRS ini dapat di lakukan secara merata dan secepatnya.

Regulasi Pemerintah Untuk SIMRS Di Indonesia

Adapun aturan-aturan yang dibuat pemerintah terkait penerapan SIMRS adalah sebagai berikut:

1. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 269 Tahun 2008 tentang Rekam Medis

Regulasi ini mengatur tentang standar dan prosedur pengelolaan rekam medis, termasuk SIMRS, di rumah sakit. Regulasi ini mewajibkan rumah sakit untuk menggunakan SIMRS dalam pengelolaan rekam medis.

2. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2014 tentang Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit

Regulasi ini mengatur tentang penggunaan SIMRS dalam pengelolaan rumah sakit. Regulasi ini mengharuskan rumah sakit untuk menggunakan SIMRS dalam pengelolaan operasional, termasuk pengelolaan data pasien, keuangan, dan administrasi.

3. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pedoman Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit

Regulasi ini mengatur tentang pedoman penggunaan SIMRS dalam pengelolaan rumah sakit. Regulasi ini mencakup pedoman tentang perencanaan, pengembangan, pengelolaan, dan pemeliharaan SIMRS, termasuk pengelolaan data pasien, keuangan, dan administrasi.

Dalam penerapan SIMRS, rumah sakit harus mematuhi regulasi-regulasi yang telah ditetapkan. Selain itu, rumah sakit juga harus memastikan keamanan dan kerahasiaan data pasien yang disimpan dalam SIMRS agar tetap terjaga rahasia.

Solusi Penyedia Layanan SIMRS Di Indonesia

Sudah terlihat jelas secara fungsi serta regulasi dari pemerintah tentu akan membuat Anda bingung untuk memilih layanan penyedia software SIMRS yang sesuai dengan keduanya. Olehkarena itu Inova Medika bisa menjadi salah satu rekomendasi terbaik untuk Anda.

Inova Medika telah berpengalaman lebih dari 9 Tahun yang telah terbukti memberikan pelayanan terbaik dari testimoni para kliennya terutama dari cara penyelesaian masalah yang pasti sering terjadi di semua rumah sakit saat ingin menerapkan sistem baru atau peralihan dari sistem yang ada sebelumnya.

Inova Medika lebih fokus pada kerja sama tim dan komunikasi yang tearah dengan baik sehingga cepat tanggap jika ada muncul masalah terkait sistem di rumah sakit.

Untuk info lengkapnya silahkan klik link di bawah ini.

Layanan SIMRS