Bandung, 26 March 2024
Berita

RSI Aminah Sidoarjo Meraih Predikat Bintang Tiga BPJS

Share:

Rate Article:

2
Lagi-lagi salah satu mitra hebat Kami yaitu RSI Aminah Sidoarjo berhasil meraih penghargaan bergengsi bintang 3 (tiga) dari BPJS Kesehatan sebagai rumah sakit tipe D terbaik secara nasional atas usaha serta upayanya yang luar biasa dalam menerapkan transformasi digital.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Bapak Ir. Edwin Aristiawan, MM, CPM-A, CCGO, QRGP, Direktur Teknologi Informasi BPJS Kesehatan, kepada Dr. Endang Sulistyorini, Sp.PD, FINASIM, Direktur RS Islam Aminah. Penghargaan ini menegaskan komitmen RS untuk meningkatkan kualitas pelayanan melalui digitalisasi yang canggih.

Penghargaan Bintang 3 Pertama Untuk Rumah Sakit Kelas D di Indonesia

Dalam kata pengantarnya, Dr. Endang Sulistyorini menekankan kemajuan penting yang telah dicapai oleh RS Islam Aminah dalam hal digitalisasi layanan. Hal ini dicapai melalui penerapan beragam inovasi seperti kios untuk proses check-in dan pengambilan nomor antrian, serta penggunaan aplikasi antrean online yang menyediakan layanan lengkap dari registrasi hingga pengambilan obat oleh pasien. Inovasi ini berhasil dilaksanakan oleh Inovamedika dengan memanfaatkan sistem informasi manajemen rumah sakit iHospital. Implementasi SIMRS dan Rekam Medis Elektronik yang efektif juga telah membantu dalam memudahkan integrasi dengan sistem BPJS Kesehatan.
"RS Islam Aminah berdedikasi untuk secara kontinu meningkatkan standar pelayanan dan digitalisasi yang kami tawarkan," kata Dr. Endang Sulistyorini.

Ir. Edwin Aristiawan, Direktur IT BPJS Kesehatan, mengungkapkan penghargaannya terhadap pencapaian RS Islam Aminah dalam menerapkan transformasi digital pada layanan kesehatan.

"RS Islam Aminah di Sidoarjo bisa menjadi inspirasi dan model untuk rumah sakit lain yang belum memanfaatkan digitalisasi dalam layanan kesehatan. Jika sebuah rumah sakit di Krian, Sidoarjo, mampu melakukannya, kenapa rumah sakit di kota lain tidak?" kata Ir. Aristiawan.
"RS Islam Aminah akan saya jadikan acuan dan contoh dalam setiap kunjungan saya, agar rumah sakit lain dapat mengikuti jejak RS Islam Aminah Sidoarjo,” ucap Ir Aristiawan.

Pengakuan ini tidak hanya mengukuhkan komitmen RS Islam Aminah terhadap inovasi, tetapi juga menempatkannya sebagai pemimpin dalam industri kesehatan, menetapkan standar baru untuk kecanggihan digital dalam layanan.

Apa Itu Predikat Bintang BPJS?

Peringkat RS (Rumah Sakit) untuk Smart Klaim BPJS Kesehatan merujuk pada penilaian kualitas dan komitmen rumah sakit terhadap pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). BPJS Kesehatan memberikan penghargaan kepada fasilitas kesehatan yang paling berkomitmen terhadap mutu pelayanan bagi peserta JKN-KIS.

Penilaian ini melibatkan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) atau Rumah Sakit. Beberapa faktor yang menjadi tolak ukur dalam penilaian ini antara lain penerapan protokol kesehatan di era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), angka pemanfaatan antrean online terkoneksi Mobile JKN, respon time dokter dalam konsultasi tidak langsung melalui Mobile JKN Faskes, serta tersedianya prosedur dan sarana pelayanan dalam Covid-19.
Berikut penjelasan tentang skema kondisi Rumah Sakit menuju smart klaim:

Bintang 1 Sistem Eligibilitas

Bintang 2 Sistem Antrean Online, TT, JOP

Bintang 3 Skema Penerbitan SEP

Bintang 4 Skema Layanan Obat

Bintang 5 Skema Rekam Medis

Bintang 6 Skema Verifikasi

Kontribusi INOVAMEDIKA Untuk Sistem RSI Aminah Sidoarjo

Keberhasilan ini tidak terlepas dari kerjasama strategis RS Islam Aminah dengan PT. Inova Medika Solusindo, perusahaan Teknologi Informasi kesehatan yang terpercaya, yang menyediakan solusi teknologi mutakhir untuk sektor kesehatan, khususnya dalam Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit dan Rekam Medis Elektronik. Produk unggulan mereka, seperti iHospital, iKlinik, iRekammedis, inovadok, iDicom, dan iCRM, telah membantu rumah sakit meningkatkan efisiensi layanan serta meningkatkan kualitas dan keselamatan pasien.
Table of content: